Produk Kami
  • Snare DrumSnare Drum
  • Snare Drum HTSSnare Drum HTS
  • BassDrumBassDrum
  • TrioTomTrioTom
  • QuartoQuarto
  • Marching BellMarching Bell
  • HardnessHardness
  • Koleksi FotoKoleksi Foto
  • Aneka SeragamAneka Seragam
  • Aneka TopiAneka Topi

sejarah perkembangan drumband indonesia

Selasa, 18 Oktober 2016 | 21:06:03

Drumband adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan orkes barisan merupakan kombinasi dari permainan musik (tiup, dan perkusi) serta aksi baris-berbaris dari pemainnya.

Info lebih lanjut tentang drumband, silakan kontak pengrajin drumband, purnama Drumaband, pengrajin drumband murah jogja.

Umumnya, penampilan Orkes barisan dipimpin oleh satu atau dua orang Komandan Lapangan dan dilakukan baik di lapangan terbuka maupun lapangan tertutup dalam barisan yang membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi terhadap lagu yang dimainkan, dan diiringi pula dengan aksi tarian yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera. Drumband ini sendiri berbeda dengan marching band yang membedakannya adalah jumlah anggota (pemain) dan jumlah alat musiknya, jumlah drumband itu sendiri hanya sekitar 10-50 orang. Sedangkan untuk marching band berjumlah 20-100 orang (pemain).

Orkes barisan bermula dari tradisi purba sebagai kegiatan yang dilakukan oleh beberapa musisi yang bermain musik secara bersama-sama dan dilakukan sambil berjalan untuk mengiringi suatu perayaan ataupun festival. Seiring dengan perjalananan waktu, orkes barisan berevolusi menjadi lebih terstruktur dalam kemiliteran pada masa-masa awal era negara kota. Bentuk inilah yang menjadi dasar awal orkes militer yang kemudian menjadi awal munculnya orkes barisan saat ini.[1][2]
 
Meskipun pola orkes barisan telah berkembang jauh, masih terdapat cukup banyak tradisi militer yang bertahan dalam budaya orkes barisan, tradisi milter tersebut tampak pada atribut-atribut seragam yang digunakan, tata cara berjalan, model pemberian instruksi dalam latihan umumnya masih merupakan adaptasi dari tradisi militer yang telah disesuaikan sedemikian rupa.
 
Di Indonesia, budaya orkes barisan merupakan pengembangan lebih lanjut atas budaya drum band yang sebelumnya berada di bawah naungan organisasi PDBI (singkatan dari "Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia") yang dibina oleh Menpora (singkatan dari "Menteri pemuda dan olahraga"). Orkes barisan lahir sebagai kegiatan yang memfokuskan penampilan pada permainan musik dan visual secara berimbang, berbeda dengan drum band yang lebih memfokuskan sebagai kegiatan olahraga. Dalam perkembangannya, orkes barisan di Indonesia banyak mengadaptasikan variasi teknik-teknik permainan yang digunakan oleh grup-grup drum corps di Amerika, khususnya pada instrumen perkusi. Hal ini membuat corak permainan dalam penampilan orkes barisan menjadi lebih mudah dibedakan dari corak penampilan drum band.


Lomba drumband pelajar blora berlangsung meriah

Minggu, 16 Oktober 2016 | 07:38:45
Setelah menunjukkan atraksi gaya dan ketrampilan terbaiknya, sebanyak 22 tim drumband dari 22 sekolah tingkat pelajar SD, SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat akhirnya menuai kepuasan dari hasil penilaian dewan juri. Lomba diselenggarakan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Blora berlangsung dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 266 Kab Blora. Agenda tahunan itu dilaksanaan di GOR Mustika Blora, Minggu (20/12).
 
“Penilaian lomba cukup ketat dan adil, karena dinilai oleh 17 tim juri yang berasal dari berbagai disiplin ilmu. Ada juri dari guru musik, guru seni tari hingga baris-berbaris. Ada 7 item kategori penilaian yang dilakukan,” jelas Rusman, panitia lomba kepada wartawan.
 
Tujuh kategori penilaian yang dilombakan, kata Rusman, diantaranya adalah padarampak (baris-berbaris), gitapati (dirijen), paramanandi (mayoret), alat musik perkusi, alat musik tangga nada, colour guard (penari bendera), serta koreografi.
 
Panitia mengucapkan selamat kepada para tim yang dinilai meraih juara. Harapannya geliat drumband di Blora makin maju.
 
Berikut hasil penilaian dewan juri lomba drumband tingkat SD, SMP/MTs, SM/SMK sederajat :
 
Hasil Lomba Drumband Tingkat SD
1. Kategori Padarampak : Juara 1 SDN 3 Jepon, Juara 2 SDN Tempelan, Juara 3 SD Muhammadiyah Blora.
2. Kategori Gitapati : Juara 1 SDN Tempelan, Juara 2 SD Muhammadiyah Blora, Juara 3 SDN 3 Jepon.
3. Kategori Paramanandi : Juara 1 SDN 3 Jepon, Juara 2 SD Katholik Cepu, Juara 3 SD Muhammadiyah Blora.
4. Kategori Alat Perkusi : Juara 1 SDN 3 Jepon, Juara 2 SD Kartini Blora, Juara 3 SDN 1 Cepu.
5. Kategori Alat Tangga Nada : Juara 1 SDN 3 Jepon, Juara 2 SDN 1 Cepu, Juara 3 SDN Kauman Blora.
6. Kategori Koreografi : Juara 1 SD Kartini Blora, Juara 2 SDN 5 Karangjati Blora, Juara 3 SDN 3 Jepon.
7. Kategori Color Guard : Juara 1 SDN 1 Cepu, Juara 2 SDN 3 Jepon, Juara 3 SD Katholik Cepu
8. JUARA UMUM : SDN 3 Jepon
 
Hasil Lomba Drumband Tingkat SMP/MTs           
1. Kategori Padarampak : Juara 1 SMP Muhammadiyah Blora, Juara 2 SMP Negeri 2 Cepu, Juara 3 MTs Maarif 2 Ngadipurwo Blora.
2. Kategori Gitapati : Juara 1 MTs Maarif 2 Ngadipurwo Blora, Juara 2 SMPN 2 Cepu, Juara 3 SMPN 3 Cepu.
3. Kategori Paramanandi : Juara 1 SMPN 2 Cepu, Juara 2 MTs Maarif 2 Ngadipurwo Blora, Juara 3 MTs Nurul Huda Bogorejo.
4. Kategori Alat Perkusi : Juara 1 SMP Katholik Cepu, Juara 2 MTs Maarif 2 Ngadipurwo Blora, Juara 3 SMPN 3 Cepu.
5. Kategori Alat Tangga Nada : Juara 1 MTs Nurul Huda Bogorejo, Juara 2 MTs Maarif 2 Ngadipurwo Blora, Juara 3 SMPN 2 Cepu.
6. Kategori Kareografi : Juara 1 SMPN 3 Cepu, Juara 2 SMP Katholik Cepu, Juara 3 SMPN 2 Cepu.
7. Kategori Color Guard : Juara 1 SMPN 3 Cepu, Juara 2 MTs Maarif 2 Ngadipurwo Blora, Juara 3 SMPN 1 Jiken.
8. JUARA UMUM : MTs Maarif 2 Ngadipurwo Blora.
 
Hasil Lomba Drumband Tingkat SMA/SMK
1. Kategori Padarampak : Juara 1 SMAN 1 Blora, Juara 2 SMK Muhammadiyah 1 Blora, Juara 3 SMAN 2 Cepu.
2. Kategori Gitapati : Juara 1 SMK Muhammadiyah 1 Blora, Juara 2 SMAN 2 Cepu, Juara 3 SMAN 1 Blora.
3. Kategori Paramanandi : Juara 1 SMAN 2 Cepu, Juara 2 SMK Muhammadiyah 1 Blora, Juara 3 SMAN 1 Blora.
4. Kategori Alat Perkusi : Juara 1 SMAN 2 Cepu, Juara 2 SMK Muhammadiyah 1 Blora, Juara 3 SMAN 1 Blora.
5. Kategori Alat Tangga Nada : Juara 1 SMK Muhammadiyah 1 Blora, Juara 2 SMAN 1 Blora, Juara 3 SMAN 2 Cepu.
6. Kategori Koreografi : Juara 1 SMK Muhammadiyah 1 Blora, Juara 2 SMAN 1 Blora, Juara 3 SMAN 2 Cepu.
7. Kategori Color Guard : Juara 1 SMAN 1 Blora, Juara 2 SMAN 2 Cepu, Juara 3 SMK Muhammadiyah 1 Blora.
8. JUARA UMUM : SMK Muhammadiyah 1 Blora.
 
(DPPKKI Kab Blora | berbagai sumber | ft : ist.).
Bagi anda yang membutuhkan perlengkapan drumband, pengrajin drumband purnama siap melayani anda.


TK PEDAGOGIA SABET JUARA I LOMBA DRUMBAND SE-DIY

Kamis, 28 Januari 2016 | 08:57:37

Taman Kanak-Kanak dan Kelompok Bermain (TK-KB) Laboratori Pedagogia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta menjadi yang terbaik dalam lomba drumband bertajuk 'Kids Fun Drumband Festival', Sabtu (11/4/2015). Bermain di kelas pemula, siswa TK Pedagogia berhasil menyisihkan puluhan kelompok drumband tingkat TK se-DIY.
Dengan membawa konsep dolanan anak, drumband TK Pedagogia membawakan aransemen musik lagu 'Tanah Air' dan medley 'Gundul-gundul pacul', ‘Suwe Ora Jamu’, dan ‘Cublak-cublak Suweng'. Dengan didukung kostum pengrajin drumband bermutu, 'colorguard' dan properti bernuansa Jawa, siswa TK Pedagogia begitu apik menunjukkan 'perfomance' mereka di panggung Kids Fun, Jl Wonosari Yogyakarta.
"Berkat kerja keras dan dukungan semua pihak baik siswa, guru hingga orangtua, anak-anak bisa tampil maksimal dan menjadi pemenang dalam perlombaan ini. Selain juara dalam kategori grup, mayoret drumband TK Pedagogia juga menjadi juara III," kata Official tim sekaligus guru pembina TK Pedagogia, Ibu Anti usai penyerahan penghargaan.
Ibu Anti menambahkan untuk mempersiapkan lomba ini, tim drumband yang terdiri dari siswa-siswi dari level TK B ini menjalani latihan seminggu dua kali di bawah instruktur Zaenuddin. Tahun sebelumnya TK Pedagogia juga berhasil menyabet juara I drumband tingkat pemula yang digelar di Purawisata.
"Drumband memang salah satu ekstra yang menjadi unggulan sekolah kami, selain untuk melatih feeling bermusik anak, perfomance tadi juga mampu meningkatkan rasa percaya diri anak dan mental anak diatas panggung," tambahnya. (krgit/ant)



PENGRAJIN DRUMBAND - PURNAMA MARCHING BAND adalah sebuah hand made home industry pengrajin drumband yang berkreasi menciptakan peralatan drum band serta marching band

Sabtu, 23 Februari 2013 | 13:31:58

Selamat Datang di Purnama Drumband

 

PURNAMA MARCHING BAND adalah sebuah hand made home industry pengrajin drumband yang berkreasi menciptakan peralatan drum band serta marching band di tangan para ahli dan terampil di bidang masing-masing dengan mengutamakan kualitas , kenyamanan dan harmonisme dwi tunggal. Yang menjadikan kami sedikit berbeda berdasar pada keluasan tafsir tim kreatif kami demi memenuhi harapan serta keinginan kreatif inovatif Anda untuk mewujudkan seperangkat peralatan drum band dan marching band yg tak kalah dengan keluaran pabrik terkemuka. Setiap detil produk kami telah dicermati dengan sangat teliti hingga sudut terdalam demi kualitas dan keindahannya, jalinan kuat kiat inilah yang memunculkan karakter berbeda pada ciptaan kreatif tim kreasi kami dengan yang lain.

Kami mungkin bukan yang terhandal, kami hanya memiliki kesadaran dan harapan bahwa dengan iktikad mengabdi pada kinerja terbaik dan kepuasan Anda mampu membimbing daya kreasi penciptaan kami pada pencapaian hasil yang lebih artistik dan mengena di hati Anda. Kepercayaan dan keyakinan Andalah yang sesungguhnya menjadi jet pendorong bagi tumbuh kembangnya kekuatan tafsir kreasi serta inovasi tim kerja kami, yang tentu hanya demi satu tujuan, yaitu “kepuasan Anda”.

 

Kami memberikan beberapa pilihan produk drumband atau marching band, sebagai berikut :

1. Drumband : Snare, Tenor, Bass, Trio Tom, Quarto, Bellyra, Marching Bell, Cymbal, Stick Mayoret, dan Hardness.

2. Semi Marching Bell : Snare Drum Semi HTS, Bass Drum, Quarto, Quint Tom, Marching Bell, Cymbal, Stick Mayoret, Alat Tiup, dan Hardness.

3. Marching Bell : Snare Drum Semi HTS, Bass Drum, Quarto, Quint Tom, Marching Bell, Cymbal, Stick Mayoret, Alat Tiup, dan Hardness.

4. Seragam dan Aksesoris (Sepatu, Topi, dan Bulu).
 


* Kami memberikan garansi selama 1 tahun.